7 Cara Menghilangkan Noda pada Furniture Kayu, Paling Ampuh!

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Tak sedikit dari kita yang menyukai furniture kayu karena keindahan dan daya tahannya. Namun meski kita sudah menjaga kebersihannya sebaik mungkin, terkadang kita tidak bisa mencegah peristiwa yang meninggalkan noda pada furniture kayu.

Beberapa furniture dengan intensitas penggunaan tinggi seperti meja makan, seringkali meninggalkan banyak kotoran. Baik itu debu hingga tumpahan. Sehingga mengetahui cara menghilangkan noda dari kayu dapat menyelamatkan penampilannya.

Karena mungkin kamu tidak selalu berada di TKP saat peristiwa terjadi, mengetahui seperti apa noda yang berbeda dapat membantu.

Nah untuk membantumu menghilangkan noda pada furniture kesayangan, kali ini Naramulya.com telah menyiapkan 7 cara menghilangkan noda pada furniture kayu, yang paling ampuh!

Cara Menghilangkan Noda Pada Furniture Kayu yang Disebabkan Oleh Air

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Meski beberapa kayu dikenal tahan air seperti jati, bagaimana pun juga kayu adalah bahan berpori. Artinya, lama kelamaan, paparan air akan menembus selaput kayu, menyebabkannya membusuk, melunak, dan hancur.

Selain itu, air juga dapat merusak struktur kayu, menyebabkan tumbuhnya jamur dan upaya restorasi yang mahal. Pakaian basah, minuman yang tumpah, dan benda lembab lainnya dapat dengan cepat menodai kayu, meninggalkan bekas cincin kaca atau bercak pudar dan kotor.

Seringkali kita melihat noda air yang pucat pada kayu, ini berasal dari kelembaban yang bercampur dengan lilin atau finishing yang digunakan, kemudian menciptakan area yang keruh.

Walaupun noda air bisa terlihat sangat serius, kamu dapat menghilangkan sebagian besar noda tersebut menggunakan salah satu metode berikut:

1. Setrika pakaian

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Cara menghilangkan noda pada furniture yang pertama yaitu dengan sertrika pakaian. Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana setrika bisa membantu menghilangkan noda air.

Seperti kebanyakan noda, noda air pada kayu lebih mudah dihilangkan jika kamu mengetahuinya lebih awal. Jika kamu menemukan noda air yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, suhu panas mungkin dapat menguapkan kelembapan.

Berikut cara menghilangkan noda dari kayu menggunakan setrika panas:

  1. Buang semua air yang ada di bagian setrika.
  2. Colokkan setrika dan atur ke pengaturan panas terendah.
  3. Letakkan kain katun atau kaus di atas noda.
  4. “Setrika” kain selama beberapa detik dan periksa nodanya.
  5. Ulangi proses tersebut sampai noda hilang.

Jika kamu ragu menggunakan setrika pakaian, pengering rambut adalah pengganti yang cocok. Letakkan pengering pada pengaturan panas terendah dan gerakkan udara panas bolak-balik di atas noda selama 10 menit.

Pertahankan udara panas pada noda, tetapi jangan berlebihan. Kamu tentu tidak ingin kayu menjadi terlalu panas, bukan?

2. Mayones

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Cara menghilangkan noda pada furniture kayu selanjutnya adalah dengan mayones, yang mungkin tidak baik untuk berat badan kita, tetapi sangat aman untuk sebagian besar kayu.

Minyak dalam mayones dapat meresap ke dalam kayu dan menggantikan kelembabannya, membuat noda memudar atau hilang.

Karena metode penghilangan noda ini lembut pada kayu, kamu hanya memerlukan kesabaran untuk mendapatkan efek penuh. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan:

  1. Celupkan sedikit mayones ke kain bersih.
  2. Uji tempat di area terpencil supaya memastikan aman untuk dilanjutkan.
  3. Gosok mayones pada noda air dengan ringan dan diamkan semalaman.
  4. Jika mayo mengering, aplikasikan kembali sesuai kebutuhan.
  5. Di pagi hari, bersihkan mayones dengan kain lembab.

Jika kamu berurusan dengan noda air yang sudah berhari-hari pada furniture kayu, mungkin metode yang satu ini tidak bisa bekerja penuh, karena mayones tidak memiliki cukup kelembapan yang tersisa.

3. Pasta gigi

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Jika noda air kering masih belum bisa hilang dengan dua cara di atas, pergilah ke kamar mandi. Karena cara menghilangkan noda pada funiture kayu yang ketiga adala;h dengan pasta gigi.

Tak hanya membersihkan dan membuat gigi jadi lebih cerah, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan noda air yang jelek pada kayu. Kamu akan mendapatkan hasil terbaik jika menggunakan pasta gigi non-pemutih dan non-gel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Oleskan sedikit pasta gigi ke kain putih bersih.
  2. Gosokkan pasta gigi dengan lembut ke noda, mengikuti serat kayu.
  3. Setelah satu menit, bersihkan pasta gigi dan periksa nodanya.
  4. Jika noda masih belum hilang atau masih samar, ulangi prosesnya.
  5. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok terlalu keras.

Jika pasta gigi tidak menghilangkan noda air, kamu mungkin memerlukan pekerjaan pemolesan ulang atau perbaikan profesional lainnya. Jika kayu yang kamu kerjakan mungkin tidak terlalu berharga, kamu bisa mencoba satu lagi cara menghilangkan noda pada furniture kayu.

4. Serat baja

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Saat kamu menggunakan serat baja atau steel wool kelas terbaik, kamu dapat menghilangkan noda dari kayu tanpa goresan yang jelas.

Bubuhkan sedikit minyak lemon pada noda dan gosok perlahan menggunakan serat baja secara bolak-balik mengikuti seratnya. Jaga agar tekanan tetap ringan dan sering-seringlah memeriksa noda.

Cara Menghilangkan Noda Pada Furniture Kayu yang Sudah Menghitam

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Dilansir dari maids.com, oksidasi, urin, dan noda air lama, di antara masalah lainnya, dapat menimbulkan noda hitam pada furnitur kayu dan lantai kayu keras.

Setelah noda mengering pada kayu, ini bisa sulit untuk dihilangkan dan dapat terus menjadi gelap seiring waktu. Sehingga penting untuk mengetahui cara menghilangkan noda pada furniture kayu yang sudah menghitam, untuk menjaga penampilan perabot rumah.

Jika furniture kayu di rumahmu mengalami hal tersebut, cobalah mengunakan beberapa metode pembersihan berikut ini:

1. Cuka putih

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Cara menghilangkan noda pada furniture kayu selanjutnya adalah dengan cuka putih. Meskipun cuka adalah pembersih dan disinfektan alami yang aman, formula asamnya juga kuat terhadap noda dan aman untuk kayu. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba:

  1. Rendam beberapa handuk kertas dalam cuka putih dan lapisi di atas noda.
  2. Biarkan handuk basah selama sekitar 30 menit agar noda meresap.
  3. Gunakan kain lembab bersih untuk menyeka area bernoda dan biarkan mengering selama 30 menit.
  4. Jika noda masih terlihat, tambahkan sedikit soda kue ke dalam campuran untuk kekuatan menggosok dan ulangi prosesnya.
  5. Setelah selesai, bersihkan kayu dengan kain lembab yang bersih untuk menghilangkan residu.

Jika noda masih terlihat setelah beberapa kali mencoba dengan cuka, saatnya beralih ke sesuatu yang sedikit lebih kuat.

2. Hidrogen peroksida

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Hidrogen peroksida adalah antiseptik ringan yang biasanya digunakan untuk luka dan goresan. Tapi pembersih alami yang aman ini juga merupakan pemutih yang bekerja dengan baik pada semua jenis noda, termasuk noda gelap pada kayu.

Hidrogen peroksida dapat mengubah warna beberapa bahan jika didiamkan terlalu lama atau jika formulanya terlalu kuat. Pastikan untuk hanya menggunakan hidrogen peroksida 3% yang dijual bebas dan perhatikan bagaimana penghilang noda bereaksi dengan furniture.

Berikut cara menghilangkan noda pada furniture kayu menggunakan hidrogen peroksida:

  1. Basahi kain bersih dengan hidrogen peroksida.
  2. Tekan kain pada noda dengan kuat agar hidrogen peroksida terserap ke dalam kayu.
  3. Biarkan kain di atas noda semalaman.
  4. Di pagi hari, lepaskan kain dan seka kayu dengan kain bersih yang lembab.
  5. Jika noda belum sepenuhnya hilang, kamu dapat mengulangi prosesnya setelah kayu kembali kering.
  6. Kamu mungkin harus menggunakan metode ini beberapa kali sebelum noda hilang.

Cara Menghilangkan Noda pada Furniture Kayu yang Disebabkan Oleh Panas

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Air bukanlah satu-satunya hal yang dapat meninggalkan bekas yang tidak sedap dipandang, terutama ketika seseorang lupa menggunakan tatakan gelas.

Secangkir kopi panas dapat meninggalkan noda panas pada kayu saat panas bercampur dengan kelembapan yang ada di kayu. Ini biasanya dapat meninggalkan noda putih susu setelah mengering.

Tetapi kamu tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengikuti cara menghilangkan noda pada furniture kayu akibat panas menggunakan pasta gigi dan baking soda

1. Pasta gigi dan baking soda

cara menghilangkan noda pada furniture kayu

Berikut cara menghilangkan noda pada furniture kayu akibat panas menggunakan produk yang aman dan efektif:

  1. Bersihkan area bernoda terlebih dahulu dengan kain lembab dan biarkan mengering.
  2. Ambil pasta gigi non-gel dan campurkan dengan baking soda untuk membuat pasta.
  3. Gosok perlahan pasta ke noda dengan kain bersih.
  4. Biarkan pasta bekerja pada noda selama 10 menit.
  5. Bersihkan pasta dengan kain lembab.

Jika noda masih terlihat setelah kayu mengering, kamu dapat mengulangi proses di atas, tetapi ketahuilah bahwa baking soda bersifat abrasif ringan, jadi lakukan penggosokan dengan perlahan.

Kamu juga bisa mencoba menghilangkan noda panas pada kayu menggunakan minyak zaitun dan garam, cuka putih dan minyak zaitun, atau petroleum jelly.

Jadi begitulah, 7 cara menghilangkan noda pada furniture kayu. Setelah kamu tahu cara menghilangkan noda pada furniture kayu kamu tentu bisa lebih menjaga furniture agar tetap bersih, awet, dan nyaman untuk dilihat.

Setelah kamu mengetahui cara menghilangkan noda pada furniture kayu, kamu juga perlu tahu bagaimana cara menjaga dan merawat meja makan kayu solid agar tetap awet.

Skills

,

Posted on

January 24, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *