12 Ide Dekorasi Rak Floating agar Ruangan Lebih Stylish

ide rak floating di rumah

Rak floating atau rak dinding melayang kini menjadi tren. Tak jarang, rak ini menjadi pilihan para pemilik rumah untuk mempercantik area di dalam rumah.

Rak ini banyak dipilih karena menjadi aksesori yang tidak menyita banyak area, karena dipasang dengan menggunakan braket yang tersembunyi. Sehingga membuat dinding yang kurang dimanfaatkan menjadi ruang penyimpanan ekstra dengan tampilannya yang ramping dan minimalis.

Kamu bisa menggantung rak ini di dapur, kamar tidur, dan ruang tamu untuk menyimpan kebutuhan atau memamerkan buku hingga karya seni favorit.

Jika kamu bingung bagaimana cara untuk membuat tampilan yang bergaya dan praktis dengan rak floating, berikut Naramulya.com telah menyiapkan beberapa idenya di bawah ini!

1. Cara menggantung rak floating dengan benar

ide rak floating di rumah

Rak floating atau rak dinding melayang menyediakan ruang penyimpanan dan pajangan. Umumnya di setiap paket pengiriman, rak floating dilengkapi oleh braket atau penyangga dan buku petunjuk.

Meski kamu dapat melihat cara di buku petunjuknya, ini bisa membingungkan karena jika tidak dipasang dengan benar bisa terlihat di dinding dan mengalihkan pandangan.

Untuk memasangnya dengan benar dan membuat rak terlihat benar-benar melayang, pertama-tama kamu harus memasang braket tersembunyi ke dinding, lalu geser rak ke braket dan kencangkan dengan sekrup. Agar rak tetap aman dan tidak jatuh, sebaiknya pasang di area tiang dinding

2. Kelompok bingkai gambar

ide rak floating di rumah

Rak apung menawarkan banyak pilihan untuk menempatkan aksesori atau pajangan rumah. Mereka bisa berdiri sendiri, dalam kelompok, atau dalam susunan bertumpuk.

Bagaimanapun kamu menggantungnya, mereka menawarkan ruang untuk memajang lebih banyak barang, dan kemampuan untuk mengganti karya seni dan dekorasi dengan mudah.

Untuk versi rak floating yang lebih kecil, cobalah untuk meletakkan bingkai gambar. Ketika diletakkan secara miring, ini dapat menonjolkan bingkai tipis yang terangkat di bagian depan yang mencegah karya seni terjatuh.

3. Penyimpanan alat makan sehari-hari

ide rak floating di rumah

Rak floating tidak hanya digunakan untuk barang-barang dekorasi di ruang tamu atau kamar saja lho! Rak ini bahkan memungkinkanmu untuk melengkapi penyimpanan dapur, tetapi juga membantumu untuk menempatkan barang-barang tepat di tempat yang paling dibutuhkan.

Misalnya di area sarapan ini, rak terbuka menyediakan penyimpanan yang dapat langsung digunakan untuk peralatan makan sehari-hari. Di sini kamu bisa meletakkan cangkir kopi, mangkuk sereal, dan piring kecil, agar tetap siap diambil untuk sarapan cepat.

Ketika kamu harus segera berangkat kerja namun harus sarapan cepat, kamu tentu tidak perlu repot-repot lagi membuka tutup lemari untuk mencari di mana mangkuk dan cangkir untuk sarapan, kan? Praktis!

4. Menggantikan posisi nakas di kamar tidur

ide rak floating di rumah

Di kamar tidur, rak floating memungkinkanmu untuk menyimpan barang-barang kebutuhan di dekat sambil mencegah area lain, seperti meja samping tempat tidur dan meja rias, menjadi berantakan.

Apalagi rak ini bisa sangat membantu di kamar tidur kecil di mana ruang penyimpanan terbatas. Untuk tampilan ramping di tempat sempit, Kamu bahkan bisa menggantung rak untuk menjadi tempat nakas tradisional lho!

5. Menjadi tempat penyimpanan ekstra di kamar mandi

91 1

Tak jarang, kamar mandi selalu kekurangan ruang yang dibutuhkan, meski kamu mungkin sudah memiliki unit rak yang berdiri sendiri dan perabot penyimpanan lainnya.

Namun jangan khawatir, karena rak floating memberikan alternatif cerdas yang meningkatkan penyimpanan kamar mandi dan tidak memerlukan ruang lantai.

Untuk menyediakan ruang bagi barang-barang praktis, mulai dari kuas kosmetik hingga handuk muka, atau untuk aksesori seni dan dekoratif, gantung rak terbuka di ruang dinding kosong di atas toilet atau di dekat meja rias.

6. Tempat penyimpanan di ruang belajar yang mudah digapai

31 3

Rak floating yang ditempatkan dengan benar membuat hidup lebih mudah di hampir semua ruangan, misalnya di ruang belajar.

Seperti inspirasi dari bgh.com di atas. Atur rak dalam jangkauan lengan kursi meja, sehingga dapat diakses oleh seseorang dalam posisi duduk.

Tidak seperti lemari penyimpanan atau rak yang sangat dalam, yang dapat menjadi berantakan ketika barang-barang di depan menyembunyikan barang-barang di belakang, rak floating memungkinkanmu untuk segera melihat dan mengakses apa yang dibutuhkan.

7. Ide rak floating di area lorong rumah

ide rak floating di rumah

Gunakan rak floating untuk memberikan area lorong di rumahmu sesuatu yang enak untuk diamati. Gantung rak panjang yang cukup dalam untuk menyimpan foto keluarga dan karya seni berwarna-warni, tetapi cukup dangkal sehingga tidak terlalu memakan area lorong.

Rak dengan lebar yang kecil cenderung tidak mengganggu arus lalu lintas di lorong. Jika kamu ingin menggunakan rak floating yang panjang, pastikan untuk mencari rak yang dirancang untuk menjaga barang-barang yang disangga tetap stabil dan di tempatnya.

8. Rak floating untuk memberikan akses mudah di dapur

ide rak floating di rumah

Di luar tampilan belaka, rak floating memiliki aplikasi yang sangat praktis. Mereka dapat bekerja dengan baik untuk penyimpanan pantry, dan untuk menjaga barang tetap dapat diakses dan terlihat.

Desain rak yang mudah dijangkau ini membuat akses dan penyimpanan mudah, untuk makanan kaleng dan kering, peralatan kecil, dan peralatan makan.

Rak pantry yang dangkal dan bersudut memudahkan tampilan makanan dan membantu barang-barang kecil tetap teratur daripada hilang di antara peralatan yang lebih besar.

Kamu juga bisa menambahkan papan tulis di bagian dalam pintu, untuk menyediakan ruang untuk mencatat rencana makan dan daftar belanjaan.

9. Membantu ruang kantor menjadi lebih efisien

ide rak floating di rumah

Ketika kamu memiliki satu ruangan yang ditujukan untuk sebagai ruang kantor, kamu tak hanya membutuhkan meja yang kokoh dan kursi yang nyaman saja lho! Cobalah untuk menggantung beberapa rak floating, maka waktu bekerja pasti akan berjalan lebih efisien.

Di ruang kerja, rak floating dapat digunakan untuk menyimpan buku, karya seni, dan benda lain yang dimaksudkan untuk menginspirasi kreativitas. Untuk meningkatkan organisasi, lengkapi rak dengan keranjang dan pengatur untuk menyimpan perlengkapan kantor dan dokumen.

10. Rak floating di area jendela

ide rak floating di rumah

Tingkatkan kemampuan penyimpanan dan tampilan rumahmu dengan melengkapi bagian atas jendela dapur dengan sepasang rak floating. Pilih warna yang senada atau warnai rak agar sesuai dengan kabinet yang berdekatan.

Kamu dapat menggunakan rak ini untuk menyimpan barang-barang dekoratif, atau, untuk membebaskan ruang kabinet, untuk menyimpan peralatan makan yang sering digunakan.

11. Rak floating yang digunakan untuk mengisi area hiburan keluarga

ide rak floating di rumah

Kamu juga bisa menggunakan rak ini untuk membentuk pusat media di ruang nonton keluarga, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perlengkapan hiburan.

Pertama, buatlah daftar barang-barang yang ingin dipajang dan disimpan di rak. Ukur tinggi dan kedalaman semua objek, sehingga kamu dapat memilih ukuran rak yang tepat dan menempatkannya sesuai kebutuhan.

Gunakan braket yang sesuai beratnya, sehingga tidak akan jatuh dan menghancurkan peralatan mahal di bawahnya.

12. Menggunakan rak floating untuk area ruang makan

ide rak floating di rumah

Rak floating ini juga sangat cocok untuk memamerkan dekorasi di ruang makan. Gunakan mereka untuk menyimpan toples kaca cantik berisi kue kering, kerupuk, biji kopi, dan kantong teh.

Gabungkan karya seni yang berhubungan dengan ruang makan, misalnya seperti buku masak, dan hidangan cantik untuk membuat pajangan yang bergaya dan fungsional.

Nah itulah 12 ide dekorasi rak floating yang membuat ruangan-ruangan di rumahmu menjadi lebih stylish dan meningkatkan area penyimpanan menjadi lebih banyak. Bagaimana kamu memanfaatkan rak floating di rumahmu?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *